Kaya di Dalam Pengetahuan Akan TUHAN
Kalangan Sendiri

Kaya di Dalam Pengetahuan Akan TUHAN

Lori Official Writer
      103

Saudara yang dikasihi Tuhan, kita kembali bertemu di pagi ini dengan kondisi yang luar biasa. Mari kita perkatakan hari ini adalah hari yang baik dan Firman TUHAN pagi ini membuat kita semakin tajam.

 

Ayat Renungan: Mazmur 1: 3  - “Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”

 

Pertanyaan: Apa yang sudah Anda lakukan untuk memperkaya pengetahuan Anda akan Firman Tuhan?

 

Kita tahu bahwa orang-orang dunia berlomba untuk menjadi kaya dalam pengetahuan akan dunia. Tetapi hari ini, kita mau belajar bagaimana orang-orang percaya dipanggil untuk kaya di dalam pengetahuan akan Tuhan. 

Sama seperti pohon, disebut bahwa terdapat dua jenis yaituu pohon pengetahuan yang baik dan yang buruk. Pohon pengetahuan yang baik adalah pohonya Tuhan “yang ditanam di tepi aliran sungai, yang berbuah dan tidak pernah layu. Apa saja yang diperbuatnya berhasil” (Mazmur 1: 3)

Untuk bisa menjadi seperti pohon yang tertanam dengan Tuhan, kita perlu mengetahui siapa Tuhan itu? Siapa diri kita di dalam Dia? Bagaimana Dia mengasihi kita? Dan apa saja yang Dia sudah lakukan untuk kita? Agar kita bisa mengetahui hal ini, kita perlu arahan yaitu Firman Tuhan sendiri.

Firman Tuhan adalah pengetahuan yang kita butuhkan jauh melebihi pengetahuan dunia. Kenapa? Karena pengetahuan dari Tuhan memimpin kita tetap di dalam Dia. Sementara pengetahuan dunia dan segala yang kita tahu membawa kita kepada cinta akan dunia. Tidak ada yang salah menjadi pribadi yang memiliki pengetahuan yang luas. Tetapi mari tepatkan porsinya tidak lebih besar dibanding dengan pengetahuan kita akan Tuhan.

Kita perlu kaya akan pengetahuan akan Tuhan. Karena Firman Tuhan berkata “Orang yang tidak punya visi dia akan binasa.” Jadi memiliki pengetahuan akan Tuhan sangat penting! Jadi, untuk kita kaya dalam pengetahuannya Allah, kita perlu menggali dan lebih dalam lagi tahu apa itu kasihnya Tuhan. Seperti apa yang sudah dilakukan, bukan hanya mendengar apa kata orang tetapi secara pribadi kita perlu menggalinya untuk diri kita sendiri.

Saat kita diisi penuh oleh pengetahuan akan Tuhan, maka kita tidak akan mudah diombang-ambingkan oleh pengetahuan dunia bahkan filsafat-filsafat palsu dan juga budaya leluhur. Lalu kita juga akan peka terhadap apa yang menjadi kehendak Tuhan. Kita bisa membedakan mana pikiran manusia dan mana pikiran Tuhan, itu hanya bisa kita dapatkan saat kita mengisi diri kita atau pikiran kita dengan Firman Tuhan. 

Tahukah saudara, peperangan itu ada di pikiran. Karena itu, kita perlu menaklukkannya dengan pengetahuan yang lebih banyak tentang Firman Tuhan. 

 

Action: Hari ini, tuliskan ada di level berapa pengetahuan Anda akan Firman Tuhan. Jika Anda rindu untuk meningkatkan pengetahuan Anda, mari ambilwaktu untuk setiap hari mengisinya dengan belajar Firman Tuhan.

Selamat berpraktek. Tuhan Yesus Memberkati. 

 

©Maria Kaesmetan, Spiritual Life CBN Indonesia

Ikuti Kami